Competition Rules

From WikiStreetMini4wd
This page is a translated version of the page Regolamento and the translation is 48% complete.

Outdated translations are marked like this.
Other languages:
English • ‎Bahasa Indonesia • ‎italiano • ‎日本語

Versione 12 (06-12-2023)

Version 10.4 (08-06-2017)


Tipe Mobil mini 4WD

1. Semua tipe Mini 4WD dari TAMIYA bisa dipergunakan selama mengikuti peraturan dan poin-poin dari peraturan ini.

Fitur Mobil mini 4WD

1) Con il termine "Auto/Macchina" questo regolamento identifica l'unione inscindibile tra carrozzeria e telaio di una mini 4WD. Il cambiamento di una di queste due parti durante un evento Street Mini 4WD equivale alla sostituzione della propria auto con un'altra auto (scorta);


1. Mobil harus memiliki fungsi penggerak 4WD dan tidak boleh memodifikasi dan mengubah fungsi utamanya;

3. Selama perlombaan berlangsung mobil tidak diperbolehkan membahayakan atau menghalangi mobil lawan dengan cara apapun;

4. Semua mobil akan di periksa oleh panitia, semua bagian dari mobil harus sesuai dengan peraturan SPESIFIKASI Mobil mini 4WD seperti dimensi panjang, lebar, tinggi, dan sebagainya. Mobil yg tidak lolos pemeriksaan tidak diperbolehkan ikut dalam perlombaan.

5. Setiap peserta di perbolehkan memiliki mobil cadangan dan mobil dapat di pergunakan bila pada mobil utama terjadi kerusakan, mobil akan di periksa oleh panitia. Mobil cadangan tidak dapat dipergunakan ketika peserta sudah memulai berlomba;

7. Dilarang memodifikasi mobil dengan merubah esensi dari mobil mini 4WD, seperti menggunakan part Crawler (Ban Tank) yang bukan merupakan part dari mobil mini 4WD, panitia akan membahas kasus per-kasus bila terjadi hal yang tidak jelas

Spesifikasi Mobil mini 4WD

Competition-Rules-mini4wdstreet.jpg

1) 1. Lebar mobil maksimal (termasuk part, roller, dsb) adalah 105mm (10,5cm);

1) Ampiezza massima (incluse rotelle, estensori, ecc…): 105mm;

2. Tinggi mobil maksimal (termasuk spoilers, stabilizer dsb) adalah 70mm (7cm);

3. Panjang mobil maksimal (termasuk part, dsb) adalah 165mm (16,5cm);

4. Jarak minimal dasar mobil ke tanah / ground clearance adalah 1mm;

5. Berat mobil minimal Ready To Run adalah 90gr;

6. Diameter ban minimal adalah 22mm (2,2cm) dan maksimal adalah 35mm (3,5cm);

8. Jarak antar sumbu roda depan dan belakang / Wheel Base minimal adalah 79mm (7,9cm) dan maksimal adalah 84mm (8,4cm);


9. Jarak antar sumbu ban (lobang pelek) kiri dan kanan adalah 62mm (6,2cm);

9) Numero massimo di appoggi sulle pareti del dimension checker (es. rotelle guida): 4;

  • I roller doppi “a clessidra” valgono come 1 appoggio;


Comical mini 4WD

Competition-Rules-Comical-mini4wdstreet.jpg

Per questa categoria di auto da corsa valgono le stesse regole delle mini 4WD canoniche riportate in questo regolamento. L'inclusione di questa categoria dipenderà dal tratto di gara, dalla gara e/o dall'evento in atto. Il range di misure che caratterizza questa categoria è il seguente:

1) Ampiezza massima (incluse rotelle, estensori, ecc…): 110mm;

2) Altezza massima (inclusi alettoni, stabilizzatori, ecc…): 93mm;

3) Diametro gomme: non meno di 36mm e non più grande di 39mm;

Wild mini 4WD

Competition-Rules-Wild-mini4wdstreet.jpg

Per questa categoria di auto da corsa valgono le stesse regole delle mini 4WD canoniche riportate in questo regolamento. L'inclusione di questa categoria dipenderà dal tratto di gara, dalla gara e/o dall'evento in atto. Il range il di misure che caratterizza questa categoria è il seguente:


1) Ampiezza massima (incluse rotelle, estensori, ecc…): 110mm;


2) Altezza massima (inclusi alettoni, stabilizzatori, ecc…): 93mm;


3) Diametro gomme: non meno di 40mm e non più grande di 52mm;

Motor (Dinamo)

1. Hanya di perbolehkan menggunakan dinamo FA-130 bawaan box / kit Mini 4WD (tidak diperbolehkan menggunakan dinamo bawaan box selain kategori Mini 4WD / RC). Tidak diperbolehkan menggunakan type motor / dinamo Dash dan Tuned seperti; Atomic Tuned, dsb;


2. Dinamo tidak Bisa di ganti setelah di periksa oleh panitia tetapi peserta diperbolehkan memiliki dinamo lebih dan dibebaskan untuk menggunakan dinamo yg dimiliki;

3. Dinamo tidak boleh dimodifikasi dari bagian dalam maupun luar (dinamo harus original tidak boleh membuka pengait tutup dinamo / segel dinamo);

4. Satu-satunya modifikasi yg diperbolehkan pada dinamo adalah tuning atau break-in dan perawatan (mengunakan semprotan pelumas atau penetran / contact cleaner);

5. Dilarang memodifikasi bagian penutup rotor (tabung dinamo) seperti memasang bearing atau spacer;

7. Motor / dinamo yang lolos pemeriksaan panitia akan diberi tanda

Sumber Daya Mobil Mini 4WD (Baterai)


1. Hanya baterai AA dengan daya 1,2 atau 1,5 volt yang diperbolehkan

2. Hanya Baterai Zinc-Carbon (Manganese) dan Nickel-Metal Hydride (NiMH) Yang diperbolehkan;

3. Berat maksimal baterai per-pcs adalah 20gram;

4. Ampere maksimal baterai isi ulang 1.000mAh;

6. Dilarang memodifikasi baterai (charge bom);

Part Opsional Dan Suku Cadang

1. Part dan suku cadang dari merk apapun atau part handmade boleh dipergunakan asal tidak melanggar ketetapan yang berlaku, termasuk body dan juga chassis, akan tetapi jika tidak handmade maka BODY dan CHASSIS wajib merk Tamiya;

2. Part dan suku cadang boleh di modifikasi selama tidak melanggar poin peraturan yang berlaku

Modifikasi Mobil Mini 4WD

Mohon perhatikan modifikasi yang kalian buat pada mobil Mini 4WD.

1. Bagian bodi dan chassis boleh dimodifikasi aga lebih ringan (di trim);

2. Roda Gigi (gir / gear) boleh dimodifikasi untuk menaikkan atau menurunkan rasio gir;

3. Pelek dan ban dapat dimodifikasi selama tidak melanggar poin peraturan yang berlaku;

4. Diperbolehkan menggunakan perangkat elektronik lainya selama sumber daya masih dari satu baterai yang sama untuk menggerakan mobil seperti menggunakan part TAMIYA 15033 (Racing Mini 4wd Speed Timer);

5. Diperbolehkan menggunakan part handmade selama tidak melanggar peraturan yang berlaku;

6. Modifikasi chassis dengan tujuan memperlihatkan bagian gir dilarang (contoh membuat lubang pada gear cover);

Modifikasi Bagian Bodi

1. Selama perlombaan berlangsung mobil peserta harus bisa dibedakan / dikenali;

2. Bagian bodi boleh dimodifikasi sesuai keinginan peserta selama modifikasi tersebut tidak melanggar poin peraturan yang berlaku. Contoh dari memodifikasi yang melanggar peraturan:

  • Mengurangi berat bodi diperbolehkan tetapi tidak berlebihan seperti hanya menyisakan bagiam tegah body dari depan sampai belakang;
  • Melubangi bagian bodi dengan berlebihan (hanya tersisa kerangka saja – sekalipun proporsi bodi masih full, tapi bagian permukaan bodi dilubangi);

3. Bodi transparan atau body Polycarbonate harus dicat atau minimal memasangkan decal;

5. Bagian bodi harus menutupi seluruh bagian dari baterai sampai ujung depan dan belakang dan harus dikunci pada chassis dengan cara yang semestinya;


5) La carrozzeria dev’essere assicurata propriamente al telaio in modo da evitare fenomeni di sganciamento durante una corsa. Più precisamente le carrozzerie devono avere almeno due punti di aggancio che le ancorino saldamente al telaio;

Pemeriksaan Mobil Mini 4WD

1. Semua mobil peserta akan diperiksa oleh panitia perlombaan

2. Panitia bisa mengecek mobil dan rute balapan kapan saja, bila diketahui terjadi pelanggaran, hasil dari perlombaan bisa berubah, tergantung keputusan dari panitia, bahkan bila lomba tersebut telah selesai;

3. Semua mobil yang telah diperiksa oleh panitia tidak boleh disetting ulang terkecuali jika panitia mengijinkan;

4. Pemeriksaan panitia mencakup hal;

  • Teknis pengendalian mobil
  • Pengukuran dimensi mobil
  • Pengukuran ground clearence pada setting board
  • Pemeriksaan mekanisme mobil
  • Pemeriksaan motor / dinamo
  • Pemeriksaan baterai
  • Pemeriksaan mobil dari modifikasi yang tidak diperbolehkan

Guide Stick (Tongkat Pengendali)

Karakteristik

Guide-Stick-Rules.jpg

1. Berat dan bahan dari Guide Stick dibebaskan

1) Il bastone può essere di qualsiasi peso e materiale;

2. Guide Stick bisa dimodifikasi untuk di peringan atau dihias selama tidak melanggar peraturan yang berlaku;

3. Guide Stick tidak boleh mempunyai bagian yang kontak langsung dengan mobil dengan sifat berikut: Mengikat tali / kabel pada mobil dan guide stick, terdapat aksesoris / part tambahan pada bagian stick yang menyentuh mobil sehingga kontrol pada mobil menjadi tidak wajar, memanipulasi kontrol mobil melalui stick, dsb)

4. Dalam situasi seperti bahan atau bentuk yang menggunakan bahan atau bentuk yang tidak biasa harus atas persetujuan panitia

5) Guide Stick harus memiliki bagian datar yang bertujuan untuk kontrol / mengendalikan dan bersentuhan dengan mobil secara langsung (bilah)

6. Boleh membungkus bagian gagang tongkat dengan menggunakan Non-fluorscent tape dengan warna apapun, atau pembungkus lain guna meningkatkan kenyamanan penggunaan;

Spesifikasi Ukuran Guide Stick

1) Panjang maksimal Guide Stick: 163cm dari ujung ke ujung;

2) Lebar maksimal gagang Guide Stick: 4cm;

3) Tebal maksimal gagang Guide Stick: 2,5cm;

4. Panjang maksimal bilah Guide Stick: 32cm;

5. Lebar maksimal bilah Guide Stick : 7,5cm;

Penggunaan Guide Stick

1. Guide Stick digunakan sebagai alat untuk mengontrol laju mobil Mini 4WD selama perlombaan, bisa juga digunakan untuk dijadikan dinding untuk membelokkan laju mobil Mini 4WD dengan memiringkan bagian bilah guide stick agar mobil bisa berbelok

2. Guide Stick tidak diperbolehkan digunakan untuk mengganggu laju atau merusak mobil lawan

3. Guide Stick tidak boleh digunakan untuk mendorong atau menekan mobil ke tanah sekalipun Guide stick diperbolehkan untuk mengembalikan mobil yang terbalik karena rintangan ataupun jalan yang tidak rata kembali ke posisi semula

4. Tidak diperbolehkan menggunakan Guide stick untuk mengangkat mobil dengan tujuan melewati rintangan;

5. Guide stick tidak boleh digunakan untuk memukul mobil Mini 4WD agar dapat melewati rintangan, namun bisa dilakukan untuk menghindari kecelakaan pada mobil Mini 4WD (dilakukan dalam keadaan darurat);

Pilota

1) Ogni pilota non deve utilizzare un equipaggiamento o indossare qualunque cosa che sia pericolosa per gli altri e per se stesso;

2) E' obbligatorio l'uso scarpe da corsa (running);

3) Sono vietati strumenti per agevolare la corsa come pattini e similari;

4) I piloti durante la corsa non devono mai avere un contatto fisico intenzionale tra di loro per non compromettere l'incolumità dei partecipanti (dovranno valutare, caso per caso, i giudici di gara);

Perilaku Peserta Dalam Balapan

1. Peserta balapan dilarang mengambil mobil milik sendiri atau lawan, kecuali saat sebelum dan sesudah perlombaan (start dan finish) atau jika diperbolehkan oleh panitia, contoh dalam beberapa balapan akan ada area khusus untuk berhenti (Pit Stop) maka peserta diperbolehkan mengambil dan memperbaiki mobilnya, atau jika disaat perlombaan berlangsung mobil peserta mengalami kecelakaan dan peserta tidak dapat melanjutkan perlombaan, dsb

3. Peserta tidak diperbolehkan mengontrol mobil dengan cara lain selain menggunakan Guide stick (terkecuali ada aturan khusus dari panitia perlombaan);

4. Peserta tidak boleh melakukan kontak langsung dengan mobil menggunakan selain Guide stick untuk melakukan kontrol mobil (kontrol harus memakai Guide stick);

5. Peserta boleh mengambil bagian part yang terlepas dari mobilnya, atau mengambil Guide stick nya yang terjatuh;

6. Selama perlombaan peserta dilarang menukar atau meminjamkan mobil nya kepada peserta lain, jika panitia ragu jika peserta menggunakan mobil yang dibangun dan dirancang oleh peserta sendiri, maka peserta akan diminta untuk membongkar dan memasangkannya kembali oleh panitia untuk memastikan bahwa mobil tersebut memang milik peserta

7. Peserta wajib hadir tepat waktu, dan segera hadir pada saat dipanggil, jika tidak peserta bisa didiskualifikasi oleh panitia;

8. Peserta tidak diperbolehkan untuk memotong rute balapan yg telah ditentukan dengan kata lain peserta mengambil jalan pintas untuk mencapai garis finish terlebih dahulu, jika peserta melakukan kesalahan maka peserta harus mengulangi lajunya dari titik dimana peserta melakukan kesalahan


9. Peserta diperbolehkan menyentuh mobil miliknya atas seijin panitia dalam kondisi:

10. Setiap balapan akan ada batasan waktu, jika peserta tidak menyelesaikan lomba tepat waktu maka lomba akan dianggap tidak sah dan kemenangan di tentukan oleh panitia;

BERLOMBA DI TRACK

11) Un corridore può fermare la procedura di partenza prima che venga pronunciata la parola "VIA" per qualsiasi problema sopraggiunto. Se il problema è risolvibile nell'immediato si attende la risoluzione del problema (max 5 minuti). Il corridore potrà a suo piacimento risistemare la sua auto titolare o decidere di passare alla propria auto di riserva. Se le problematiche dovessero persistere durante la partenza l'avversario vincerà la gara. Nel caso in cui le problematiche si presentino dopo la partenza sarà onere del corridore in difficoltà risolvere la situazione senza interrompere la gara;

12) Durante una gara, all'interno del tracciato possono muoversi solo i piloti in corsa in quella gara e i giudici di gara. Non è ammesso alcun intervento da parte di piloti esterni alla gara: non è possibile seguire in corsa un altro corridore o porgergli ricambi o bastone di guida;

13) Nelle gare in squadra, i piloti che stanno correndo una gara (non i compagni esterni), possono sostituire un compagno nel caso in cui dovesse avere difficoltà. Non è permesso scambiarsi le auto ma, nel caso in cui il bastone di guida di un pilota si dovesse danneggiare irrimediabilmente, è possibile per gli altri piloti della squadra in corsa in quel momento, prestare il proprio bastone di guida.


Gare in pista

Mobil Street Mini 4WD yang dibangun dengan baik bisa melaju di semua permukaan jalan dan semua kondisi rintangan, dan mobil bisa dipergunakan dalam balapan dengan cara tradisional (balapan di lintasan mini 4wd )

1. Pada perlombaan di dalam lintasan peserta tidak diperbolehkan untuk menyentuh dan memindahkan atau merubah bagian track tanpa seijin panitia;

2. Pada perlombaan di dalam lintasan bagian dari mobil tidak boleh merusak bagian bawah dan bagian kiri atau kanan lintasan;

3. Pada perlombaan di dalam lintasan peserta dilarang mempengaruhi jalannya mobil dengan cara apapun, terkecuali atas ijin panitia

1. Peserta yang diketahui mendorong, melempar atau melepaskan mobil sebelum aba-aba dari panitia (Jump Start) maka panitia bisa memberikan sanksi seperti pemotongan poin atau waktu;

1) Ciascun team sarà seguito mediante video da un responsabile di gara che si occuperà di filmare tutta la gara di un corridore (o team) ;

2. Jika peserta memakai Guide stick dengan cara yang tidak diperbolehkan maka peserta akan mendapatkan sanksi (mengulangi balapan dari titik pembalap melakukan pelanggaran);

3. Jika peserta melewati lawan dengan cara yang tidak diperbolehkan maka peserta akan dikenai sanksi (mengulangi balapan dari titik peserta melakukan pelanggaran);

4) Ripetizione di una gara: nel caso di figure di arbitraggio dedicate, se avviene una contestazione su una supposta scorrettezza avvenuta, vengono visionati i video di gara. Se le riprese video non sono state effettuate correttamente la gara verrà ripetuta.


Gestione gare e penalità in assenza di figure di arbitraggio dedicate

1) Nel caso in cui non ci fossero abbastanza figure esterne ai partecipanti dell'evento che assumessero l'identità di giudici di gara e responsabili di gara saranno gli stessi partecipanti all'evento ad essumere l'identità delle figure regolamentative;

2) Nel caso di team: ciascun team offrirà elementi del proprio team che si occuperanno di filmare la gara in atto (responsabili di gara). Coloro che filmano non devono appartenere ad uno dei due team in gara in quel momento;

3) Nel caso di team: come i responsabili di gara, anche i giudici di gara verranno scelti tra i team (a rotazione);

4) Nel caso di team: i giudici di gara non devono appartenere ad un team in quel momento in gara;

5) Nel caso in cui venga fatta una contestazione su un corridore e il responsabile di gara avesse ripreso non correttamente l’andamento del corridore a lui assegnato coinvolto nella contestazione (ad esempio riprendendo in tutt’altra direzione), la penalità verrà assegnata al corridore che non ha svolto il proprio compito (o al suo team nel caso di team). La penalità verrà assegnata al corridore (o al team di appartenenza) che avrà eventualmente ripreso in modo errato una gara o non ha ripreso la gara;

Penalità

Eventuali penalità del primo classificato in gara prevedono una sottrazione di TOT¹ secondi sul tempo che intercorre tra l’arrivo del primo classificato e il secondo. Se questo tempo andrà in negativo vincerà il secondo classificato, viceversa vincerà comunque il primo classificato.

1) I casi in cui verranno imposte le penalità sinora descritte sono:

a) Nel momento in cui un corridore dovesse:

  • spingere (10 secondi);
  • lanciare (10 secondi);
  • far partire l’auto prima del segnale di partenza.


b) Se il bastone di guida viene usato in modo anomalo;

c) Non effettuare un salto da una rampa o simili equivale a saltare una parte di percorso (10 secondi);

d) Quando il corridore durante una gara:

  • Supera in modo anomalo il corridore in vantaggio;
  • Taglia la strada all’altro corridore;
  • Impedisce la corsa dell’altro corridore;
  • urta fisicamente l’altro corridore;
  • urta in modo intenzionale altre auto con la propria auto;
  • Compromette l'incolumità di altri piloti e delle loro auto;
  • Urla durante una gara senza un motivo ragionevole.

e) Quando un corridore non rispetta i tempi di chiamata stabiliti a inizio evento;

f) Il corridore (o il team al quale appartiene) accumulerà secondi di penalità nel caso in cui sia stato assegnato ad un arbitraggio e non rispetti i tempi di chiamata stabiliti a inizio evento per le mansioni a lui conferite.

2) Nel caso in cui un corridore faccia sbandare un altro per un comportamento scorretto tra quelli descritti sopra ed entrambi concludono la gara, vengono sottratti i secondi che il corridore in svantaggio ha impiegato per rientrare nel percorso, oltre a questi secondi si tolgono anche i canonici TOT¹ secondi di penalità.

¹in genere 5 secondi sui tratti singoli e 3 secondi sui tratti singoli di una qualifica. I giudici di gara decideranno, in base al tracciato e alla gravità della violazione, eventuali altri secondi di penalità o la riduzione dei canonici 5/3 secondi. In casi estremi i giudici di gara potranno decidere l'eventuale squalifica di un team e la vittoria del team avversario.

Sanksi Dan Keputusan Panitia perlombaan

1. Semua peserta perlombaan diwajibkan membaca dan mematuhi peraturan yang berlaku;

2. Jika terjadi perbedaan pendapat maka panitia akan berembuk untuk memutuskan berdasarkan musyawarah untuk mufakat. Keputusan panitia mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;

3. JikaTerjadi pelanggaran peraturan oleh peserta, maka akan dilakukan penindakan disipliner oleh panitia dengan langkah sebagai berikut:

  • Peringatan verbal: Untuk pelanggaran ringan;
  • Jika terjadi pelanggaran yang sama oleh peserta yang sama maka peserta akan dikenakan sanksi yaitu dikeluarkan dari perlombaan yang sedang berlangsung;
  • Peserta yang terkena penalti (hasil perlombaan akan berubah) untuk prosedur balapan yang tidak sesuai;
  • Peserta dikeluarkan dari lomba jika peserta melakukan pelanggaran berat, seperti perlakuan tidak sportif, berkelahi, dan sejenisnya.

Diskualifikasi

Tujuan dalam perlombaan ini adalah kegembiraan namun dalam kondisi tertentu panitia bisa mendiskualifikasi peserta jika:

1. Mobil tidak lagi memiliki sistem penggerak 4WD, atau membahayakan mobil dan peserta lain;

2. Peserta memodifikasi mobilnya dengan melanggar peraturan dan membahayakan mobil dan peserta lainnya

3. Peserta menghancurkan mobil peserta lain atau mobilnya sendiri (dengan sengaja) pada sebelum, pada saat atau sesudah lomba;

4. Memodifikasi mobil setelah mobil melawati pemeriksaan panitia;

5. Tidak mematuhi peraturan dan mengganggu berjalannya perlombaan

6. Melakukan tindakan yang tidak sportif;

7. Menyentuh mobil peserta lain tanpa seijin pemilik atau panitia;

8. Mengganggu panitia saat panitia melakukan pemeriksaan;

9. Mengganggu peserta lain saat peserta tersebut menyiapkan mobilnya;

10. Mengambil part dari pembalap lain tanpa sepengetahuan pemiliknya (mencuri);

11. Melanggar peraturan dan pasal-pasal dari peraturan yang berlaku;

12. Peserta mencapai finish tanpa melewati rute yang seharusnya (memotong jalur);

13. Modifikasi mobil tidak mengikuti peraturan;

14. Memodifikasi mobil pada saat balapan, dan sengaja memodifikasi mobil hingga terjadi pelanggaran peraturan;

15. Menggunakan mobil cadangan padahal mobil utama masih bisa berjalan dan tanpa seijin panitia (pergantian mobil harus seijin dari panitia);

16. Mengganti mobil dengan mobil cadangan saat perlombaan berlangsung;

17. Menggunakan motor / dinamo yang belum diperiksa oleh Panitia;

Larangan Dan Pembatalan

Setiap peserta dan mobilnya adalah satu kesatuan.

1. Setiap peserta berlomba hanya dengan satu mobil: tidak diperbolehkan satu peserta mendaftarkan lebih dari satu mobil;

2. Satu mobil hanya digunakan oleh satu peserta dalam tim, peserta tidak diperbolehkan untuk menjalankan mobil rekan satu timnya, terkecuali diminta khusus dalam satu perlombaan (sistem lomba estafet, dan sebagainya);

3. Peraturan Street Mini 4WD saat ini membatalkan peraturan sebelumnya yang terdapat di situs resmi http://www.streetmini4wd.com;

4. Peraturan tambahan lain bisa di tetapkan pada saat perlombaan / pada saat event;

Tanggungjawab Peserta

1. Peserta bertanggung jawab penuh atas mobil miliknya dan mobil peserta lain: Start yang berbahaya, tikungan yang terlalu tajam, jalan yang tidak rata yang dapat merusak mobil sendiri atau mobil peserta lain, panitia akan mempertimbangkan kasus per-kasus dan memutuskan dengan akal sehat dan bijaksana, bagaimana menyelesaikan masalah tersebut

2. Panitia tidak bertanggungjawab atas keselamatan peserta dan barang berharga milik peserta;